Minggu, 20 Maret 2016

Ponsel Android Boros Baterai, Inikah Penyebabnya?


Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT), AS, mengungkap bahwa selama ini perangkat Android ternyata mengirim banyak data yang sebenarnya tidak penting.

Koneksi data yang terjadi di background ini juga disinyalir menjadi biang keladi baterai perangkat Android cepat sekali habis. Aplikasi Penghemat Baterai Android

Para peneliti di MIT menyimpulkan bahwa data yang dikirim dan diterima secara sembunyi-sembunyi oleh sekitar 500 aplikasi populer di Android ternyata bukan data penting dan tidak ada hubungannya dengan fungsionalitas.

Sebagai contoh, aplikasi toko Walmart akan berkomunikasi dengan eBay manakala pengguna memindai suatu barcode produk tertentu. Tidak ada efeknya bagi pengguna jika koneksi antara aplikasi Walmart dan eBay tadi terputus.

Dari 47 aplikasi yang dimodifikasi oleh peneliti MIT untuk membuktikan teorinya, 30 di antaranya berjalan normal. Sementara itu, sisanya hanya mengalami kendala minor, seperti iklan yang tidak muncul.

Namun, seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (23/11/2015), semua data yang dikirim oleh Android tidak semuanya merugikan, atau kendala tersebut hanya terjadi pada jenis smartphone Android tertentu.

Separuh dari data yang dikirim secara sembunyi-sembunyi itu adalah data terkait analitis, seperti crash dan laporan performa perangkat ke server Android, yang juga terjadi di platform iOS.

Contoh lain, beberapa data juga dibutuhkan agar aplikasi berjalan efektif, seperti menyimpan konten sehingga aplikasi tetap berjalan saat koneksi sedang offline.

Jika banyak pengembang membuat aplikasi mereka sering mengirim data yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan sistem, maka besar kemungkinan data pengguna berisiko tersebar.

Ponsel Android Boros Baterai, Inikah Penyebabnya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Seputar Seru

0 komentar:

Posting Komentar